MENDIDIK KARAKTER ANAK MELALUI DONGENG 5

Bismillahirrahmaanirrahiim

#Hari5
#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination

KISAH PENGGEMBALA YANG SUKA BERBOHONG

Alhamdulillah.. kali ini saya akan mengajari Aisya tentang Akibat dari suka berbohong, seperti yang lalu saya menggunakan papan tulis maghnetik untuk menarik hati Aisya, dia sih suka banget...




Di suatu cerita, ada seorang penggembala kambing yang sedang membawa kambing-kambingnya ke lereng gunung, di lembah gunungnya ada sekelompok petani yang sedang asyik menanam padi, sambil bercanda ria mereka pun hanyut dalam kegiatan mereka

Sambil menjaga kambing-kambingnya, sang penggembala itu pun terlintas niat mau mencandai para petani itu, lalu dia pun berteriak, "tolong.... tolong.... tolong.... ada srigla

Mendengar ada yang meminta tolong, dengan segera para petani tersebut berlari ke lereng gunung arah suara meminta tolong, tiba disana "mana serigalanya... biar aku bunuh serigala itu"
mendengar itu sang pengembala pun tertawa terbahak-bahak, "hahahaha... melihat kalian seperti ini yang mau saja aku tipuin, aku merasa senang, hahaahaha..."

Dengan kesal para petani itu kembali dan merasa tertipu oleh ulah pengembala. Selang beberapa jam kemudian, ada suara minta tolong lagi dan ternyata penggembala itu dan petani itu merasa iba tapi lagi-lagi itu hanya tipuan dan candaan dusta sang penggembala, "awas kamu yah, sekali lagi kamu minta tolong kami tidak percaya lagi"

Dan benar saja apa kata petani itu, penggembala itu berteriak kembali minta tolong yang sebenarnya ada serigala datang memangsa kambing-kambingnya, karena merasa tertipu para petani tidak mempercayai penggembala itu. Akhirnya satu persatu kambing penggembala dilahap oleh serigala.

Itulah dampaknya kalau kita suka berbohong, orang tidak akan mempercayai kita lagi,harus berkata jujur meskipun sedang bercanda.

Comments

Popular posts from this blog

KOMUNIKASI PRODUKTIF HARI KE 13

LELE GORENG

POHON LITERASI HARI KE 10