Komunikasi produktif kepada anak hari ke 8

Bismillahirrahmaanirrahiim

#harike8
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institut.ibuprofesional

Gambar 1. Hasil pencapaian hari ke 8

Tantangan hari ini adalah saat kami berkunjung kerumah si kembar teman sebaya Aisya Haidir dan Haidar, berhubung hari ini saya mengajari praktek shalat abangnya si kembar Habibi yang berumur sekitar 5 tahun. Sebelum dan sesudah praktek shalat, saya membiarkan Aisya bermain bebas dengan mereka, berlari, tertawa, lompat-lompat di tempat tidur, bermain ayunan, berbagi makanan (jajan Aisya yang di beli di warung). Saya merasakan keceriaan mereka layaknya teman yang lama tidak berjumpa, Aisya tidak memperdulikan saya lagi karena sudah semakin mengenal mereka dan senang bermain dengan mereka.

Gambar 2. Aisya dan teman-temannya bermain bantal di kaki lima rumah

Saking asyiknya mereka bermain sampai membawa bantal-bantal itu ke kali lima, untuk menjaga adab bertamu, saya menyuruh Aisya untuk memasukkannya ke kamar dengan mengatakan "Aisya bawa bantalnya masuk ke kamar, kalau diletakkan disitu nanti kotor ada semut yang nempel di bantal" mendengar perintah itu, mereka bergotong royong dan berebut memasukkan bantal-bantal itu.

Gambar 3. Mereka bergotong royong memasukkan bantal ke kamar tidur

Gambar 4. Mereka berdua berebut membawa bantal ke kamar tidur

Alhamdulillah, tanpa emosi dan tanpa capek, saya berhasil menyuruh mereka berbuat seikhlasnya. 

Demikianlah tantangan saya kali ini, kesimpulan yang dapat dipetik dari kejadian hari ini adalah 
🔺 Tetap memberikan sebuah perintah yang simple dan dapat dimengeri anak batita dengan mengajarkan sebab-akibat
🔺 Berikan pujian kepada anak setelah berhasil melakukan kegiatan, karena mereka akan senang melakukannya kembali
🔺 Berikan semangat kepada anak agar untuk berbagi dan bergotong royong agar timbul rasa empati kepada orang lain.

Semoga Allah Ta'ala selalu membimbing kita para ibu untuk menjadi madrasah terbaik bagi anak-anak kita, Allahumma aamiin.


Comments

Popular posts from this blog

KOMUNIKASI PRODUKTIF HARI KE 13

LELE GORENG

POHON LITERASI HARI KE 10