Komunikasi Produktif Pada anak hari ke 7

Bismillahirrahmaanirrahiim

#hari7
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institut.ibuprofesional

 Gambar 1. Hasil Pencapaian hari ke 7

Hari ini tanggal merah dan papa Aisya stay di rumah jadi kesempatan buat saya untuk belanja ke pasar, kepingin memasak sesuatu tapi inspirasinya cari dulu di pasar (hahaa.. yang ini jangan ditiru)
Begitu masuk pasar, saya melihat lapak penjual mainan dan disana ada ricecooker mini, sudah lama kepingin membeli buat Aisya tapi belum nemu barangnya, karena hari-hari ricecooker di rumah kami buat mainan Aisya, Alhamdulillah tercapai keinginan punya ricecooker mini hari ini.

Sampai di rumah langsung saya memberikannya kepada Aisya, ahaaa.. bisa ditebak dia sangat suka, langsung eksekusi, mengeksplore mainan barunya, karena sulit membuka tutup ricecookernya dia pun merengek-rengek minta dibukakan sambil bilang "gak bisa dibuka" saya pun meyakinkan Aisya bahwa dia pasti bisa, lalu saya mengajari caranya membuka ricecooker itu "tangan kiri pegang bawah, tangan kanan menekan tombol sambil diangkat tutupnya" it's simple, 3x belajar bisa


Gambar 2. Aisya bermain ricecooker baru pakai sisa tepung pengganti nasi


Dan Akhirnya Aisya bisa bermain masak nasi tanpa mengganggu ricecooker kami di rumah.

Dari kejadian diatas bisa saya ambil kesimpulan bahwa :
🔺 untuk memahamkan anak tidak perlu kata-kata panjang cukup simple, singkat dan pastinya mereka mengerti (KISS)
🔺 pengalaman pertama anak karena melihat orang tuanya lalu meniru, seperti Aisya yang meniru saya memasak nasi, maka ajaklah anak dalam beraktivitas di rumah agar dia terbiasa dengan pekerjaan rumah

Demikian challenge kami hari ini, ada hikmah setiap kejadian untuk dijadikan pembelajaran kedepannya, Semoga bisa lebih baik, in syaa Allah.

Comments

Popular posts from this blog

KOMUNIKASI PRODUKTIF HARI KE 13

LELE GORENG

POHON LITERASI HARI KE 10