KOMUNIKASI PRODUKTIF PADA ANAK HARI KE 10

Bismillahirrahmaanirrahim

#hari10
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institute.ibuprofesional


Gambar 1. Hasil Pencapaian hari ke 10


Hari ini saya lagi datang rajinnya bersih-bersih halaman belakang rumah (ketauan malesnya yak..) karena banyak kayu-kayu kecil, paku-paku sisa bangunan berserakan ditambah lagi ada peliharaan ayam. Saya ingin membuatkan Aisya taman bermain plus belajar di ruang terbuka, bersentuhan langsung dengan alam, membuat kebun sayur mini kembali, mengolah sampah organik sisa-sisa ngedapur, hmm.. membayangkannya jadi asyik sendiri, mudah-mudahan bisa terealisasi, aamiin.

Saat membersihkan halaman, membakar kayu-kayu kecil, Aisya teriak dari dalam,
Aisya : mama.... Aisya mau ikut mama disana (ikut bersih-bersih)
Saya : Aisya di dalam aja nak, disini ada api, semut, ee ayam, sebentar lagi mama selesai, tunggu ya

Aisya : ada api ya ma..

(Melihat api yang menyala, Aisya teriak kembali)

Aisya : mama, awas api, nanti kebakar kakinya, tu kan kebakar
(maksudnya kebakar sampah-sampahnya)

Saya : iya nak, mama hati-hati ini kok,

 Gambar 2. Setelah Halaman belakang di bersihkan dari sisa-sisa kayu dan paku, siap untuk dijadikan taman bermain dan berkebun

Karena sering saya sounding sebab akibat, Aisya jadi mengerti apa mengapa suatu kejadian, tapi juga terkadang sering dikerjakan Aisya, misal kalau lari-lari bisa jatuh, sakit, jalanlah pelan-pelan. Kalau minum berdiri, buru-buru bisa tersedak, minum itu duduk dan tenang. Kalau pipis di celana, lantai jadi licin, bisa jatuh, sakit, pipis itu di kamar mandi, dan sebagainya. Melihat papanya punya luka berdarah di kaki akibat terpeleset, Aisya melihatnya langsung bilang "hati-hatilah pah" Maa Syaa Allah.

Demikian challenge saya hari ini, jangan lupa untuk terus sounding yang baik ke anak-anak, walaupun belum mengerti suatu saat mereka akan cepat memahami bila menemukan kasusnya sendiri.

Comments

Popular posts from this blog

KOMUNIKASI PRODUKTIF HARI KE 13

LELE GORENG

POHON LITERASI HARI KE 10