KOMUNIKASI PRODUKTIF PADA ANAK HARI KE-14

Bismillahirrahmaanirrahiim

#harike14
#gamelevel1
#tantangan10hari
#kuliahbundasayang
#komunikasiproduktif
@institute.ibu.profesional

Gambar 1. Hasil pencapaian pada hari ke 14

Hari ini ada pasar sore di Balitan, pas stok di kulkas sudah habis, jadi kesempatan saya belanja berhubung pasarnya gak jauh-jauh amat dari rumah dan papanya Aisya belum pulang kerja, jadi saya bawa Aisya ke pasar.
Saya pun belanja sambil menggandeng Aisya, kesempatan juga buat Aisya untuk mengenal nama-nama ikan, sayuran, dan cara bertransaksi jual beli. karena Aisya tidak rewel diajak berbelanja (mutar-mutar pasar juga lumayan lama) jadi saya memberinya reward naik odong-odong, bisa di tebak bagaimana senangnya dia, setelah naik odong-odong dia minta ke permainan 'mancing ikan` karena tempat tidak mendukung dan saya juga lagi tidak ingin basah-basahan, jadi saya katakan 

saya : itu bangkunya terlalu tinggi buat Aisya, trus baju Aisya nanti bisa basah, lain kali aja ya nak
Aisya : Aisya mau melukis aja, melukis kuda poni (sambil menunjuk gambar kuda poni)

Oke saya turuti (karena waktu bermain di luar dia jarang sekali, keluar dibawa pengajian atau mengajar), setelah coret-coret beberapa menit, dia pun bosan

Aisya : Aisya mau main bola (mandi bola)
saya : Aisya selesain ini dulu gambarnya, ini belum dilukis kakinya (menunjuk gambar kuda poni), habis ini kita pulang yah

Gambar 2. Aisya mewarnai kuda poni
 
Aisya : Aisya mau main bola, Aisya gak mau pulang... (sambil merengek)

Saya : (sambil menggendong) Aisya coba liat mataharinya udah mau terbenam, sebentar lagi malam, gelap, lain kali kita main lagi yah

Aisya : Aisya mau balon (melihat penjual balon)
saya : balon disana mahal nak, uang mama gak cukup, habis tadi buat belanja sama mainan Aisya

Aisya : Aisya mau beli mainan (menujuk penjual mainan, padahal sudah di atas motor)
 
saya : mataharinya mau terbenam nak, sebentar lagi gelap, kita pulang aja yah, belanjaan mama udah penuh di motor, susah bawanya juga

Aisya : mataharinya terbenam, gelap

Saya : iya

karena banyak keinginan yang tidak saya penuhi, saya membelikannya es krim agar Aisya tidak kecewa ikut belanja lagi sama saya, Alhamdulillah dia pun senang

Demikianlah tantangan saya kali ini, kesimpulan saya bahwa anak perlu dijelaskan keadaan orang tuanya, keadaan sekitar agar dia faham kenapa hal itu dilarang dan kenapa hal itu dibolehkan, untuk melatih kemandiriannya juga kelak, wallahu'alam

Comments

Popular posts from this blog

KOMUNIKASI PRODUKTIF HARI KE 13

LELE GORENG

POHON LITERASI HARI KE 10